Desa Wisata Pantai Indah Tanjung Aru, Sebatik Timur






Desa Wisata Pantai Indah

Tanjung Aru, Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara

Pantai Indah merupakan salah satu objek wisata yang terletak di wilayah Kalimantan Utara tepatnya di Jl. Labora Muna RT 3 Desa Tanjung Aru Kecamatan Sebatik Timur Kabupaten Nunukan. Wisata ini dibuat pada tahun 2020 dengan program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (Pisew).

Terletak di tapal batas, pantai berpasir putih ini dapat menjadi pilihan destinasi wisata saat liburan ke pulau Sebatik. Pantai yang memiliki panorama indah sesuai dengan namanya ini, menjadi salah satu tujuan wisatawan domestik dan mancanegara untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Dahulu kawasan pantai Indah ini hanyalah pesisir pantai biasa yang dipenuhi oleh pohon nipah, sekarang sudah menjadi kawasan wisata berkat adanya dukungan dari pemerintah kecamatan, kabupaten, provinsi maupun pusat melalui program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Tahun 2020 dan Tahun 2021 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pantai Indah dilengkapi dengan beberapa gazebo sebagai rest area untuk wisatawan yang bertandang dan gedung serbaguna yang dapat digunakan untuk melaksanakan berbagai kegiatan. Meski belum ada cafe, di pantai ini sudah tersedia booth dan warung Pantai Indah binaan UPZ dan PAI Non PNS kecamatan Sebatik Timur untuk pengunjung yang hendak membeli cemilan.

Keindahan alam, landmark warna-warni cerah dan tulisan nama pantai yang berukuran besar di bibir pantai Indah kerap dimanfaatkan pengunjung menjadi spot foto. Selain itu, pantai ini juga cukup terkenal di kalangan penggemar kendaraan roda dua. Bikers dari berbagai daerah menjadikan pantai ini sebagai lokasi tujuan touring atau gathering komunitas. Seperti bebrapa komunitas yang memilih gowes seminggu dua kali di lokasi pantai Indah.

“Harapan kami, pantai Indah dapat lebih dikembangkan lagi dan dapat memancing masyarakat luar untuk  berkunjung ke pantai Indah dan  menjadi PAD bagi desa.” (BUDIMAN-Kepala Desa Tanjung Aru).

Sumber : jadesta.kemenparekraf.go.id

Sebatik Terkait

DOB Kota Sebatik