Akses Masuk ke Pulau Sebatik Indonesia

Akses Masuk ke Pulau Sebatik Indonesia
Menempati kedudukan Pulau terluar di Utara Kalimantan – Kalimantan Utara  dan terbagi kedalam dua daulat negara, menjadikan Sebatik terasa lebih istimewa. Sebatik Indonesia itulah namanya. Keadaan pulau sebatik yang berbeda ini dan tidak semua wilayah Indonesia memiliki kondisi seperti ini. Sebatik yang bertetangga dengan salah satu kota terbesar di Malaysia yaitu Tawau, menjadi potensi yang sangat besar jika dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Keadaan alam pulau Sebatik yang mendukung, perikanan, perkebunan, perdagangan dan berbagai aspek lainya menjadikan Sebatik memiliki prospek yang lebih luas ke depan.

Bandara Terdekat dengan Pulau Sebatik

Kancah perdagangan bebas memaksa serta mendorong untuk terus bergerak dan membangun setiap sudut potensi Negara Indonesia terutama untuk kawasan Perbatasan. Tarakan, Nunukan dan Tawau menjadi tetangga terdekat Sebatik . Dua Bandara Internasional mengapit Pulau Sebatik yakni Bandara Juata (Juata International Airport) di Kota Tarakan dan Tawau International Airport di Tawau, Malaysia. Dua jalur perjalanan utama dari dua Airport ini ke Sebatik tidak menghabiskan waktu 12 jam jika sesuai dengan jadwal perjalanan akses Tarakan-Sebatik, akses perjalanan Tarakan-Sebatik dari Bandara Juata, Dengan Taxi Bandara Rp. 50.000,- (kurang lebih RM. 20.00,-) selama 15 menit ke Pelabuahn Tengkayu (Pelabuhan SDF). Kemudian, dengan menggunakan Speedboat jurusan Pelabuhan Sungai Nyamuk, Sebatik, dengan harga Tiket RP 220.000,- ( kurang lebih RM. 60.00,-) perjalanan selama 2 jam 30 menit. Untuk Warga Indonesia di Malaysia,  Tawau – Sebatik lebih mudah diakses. Dari Tawau akses ke Sebatik dapat dilakukan selama 12 jam dan 5 hari dalam seminggu. Taxi Bandara Tawau RM. 25.00,- (Kurang lebih Rp.65.000,-) dengan naik bus RM.10.00- ( Kurang lebih Rp 30.000,-) ke pelabuhan batu dan Speed boat ke Sebatik RM 15.00,- (kurang lebih Rp 40.000,-) ke Pelabuhan Sungai Nyamuk, Sebatik , selama kurang lebih 15 menit perjalanan.

Penginapan dan Hotel di Sebatik

Di pulau Sebatik terdapat 1 penginapan yaitu Pengainapan Cahaya Mulya dan 3 buah Hotel : Hotel City di Sungai Pancang, Hotel Aniar di Sungai Nyamuk, Hotel Queen di sungai Nyamuk. Tempat makan bisa ditemui Restoran Nelayan, dan Bebagai Cafe lainnnya di sepanjang jalan di Sungai nyamuk dan di Komplek Kebalen Jaya.

Untuk Perbelanjaan Supermarket Kebalen jaya, untuk sarana Internet dan Komunikasi KM net dan Warnet yang tersebar di Sungai Nyamuk dan Telpon Seluler dengan jaringan baik khusus Telkomsel dan Seluler Malaysia jaringan baik untuk wilayah perfectur pantai Tanjung Karang hingga Pantai Sungai Pancang kemudian Ke atas samapai ke Aji Kuning, Sarana Kesehatan : Puskesmas Sungai Nyamuk dan Praktik Dokter, Perawat, Bidan Keamanan dan Militer : Polsek Kec. Sebatik di Sungai Nyamuk, Danramil di Sungai Pancang, Pangkalan Angkatan Laut di Pancang Pancang, dan Kotis Pos PamMarinir di Sungai Bajau.

Pasar Tradisional

Pasar Selasa Jum’at di Sungai Bajau, Pasar pagi di Sungai Nyamuk, Pasar Malam Minggu Kampung Baru dan Sungai Pancang, pasar Kamis di Aji Kuning.
Birokrasi :Kantor Desa di Masing-masing Desa Kantor Kecamatan Sebatik di Sungai Tiwan , Tanjung Karang dan Kecamatan Sebatik Barat di Liang Bunyu. Pendidikan SD, 4 buah SMA/MA/SMK, Perguruan Tinggi 2 buah Ibnu Khuldun dan PGSD Universitas Borneo Tarakan.

Tempat yang menjadi kunjungan warga lokal dan luar Sebatik

Pantai Kayu Angin, Pantai Batu Lamampu, Air Terjun Matikas dan kunjungan batas Negara, Pemandangan Bandar Tawau dari Pulau Sebatik di Pelabuhan dan Pangkalan TNI AL di Pancang.

Tempat Menarik Untuk di Kunjungi di Sebatik

Pantai Batu Lamampu, Pantai Kayu Angin, Tugu Garuda Perkasa ( Tugu Perbatasan ), Patok Batas RI-Malaysia, dan Pesona Garis Perbatasan di semua titik perbatasan di Sebatik.

Sumber : Yahyazin.wordpress

Sebatik Terkait

DOB Kota Sebatik