Menteri Usulkan Pulau Sebatik Jadi Kota

Menteri Usulkan Pulau Sebatik Jadi Kota
JAKARTA,- Menteri Agraria Ferry Mursidan Baldan mengatakan pemerintah tengah mengusulkan agar Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, bisa menjadi kota. Saat ini, Sebatik baru sebatas kecamatan.

Peningkatan status bagi Pulau Sebatik itu dilakukan untuk mempercepat pembangunan dan memudahkan layanan di pulau yang berbatasan dengan Malaysia itu.

"Saya usulkan ke pemda saya, diusulkan agar ini menjadi kota Sebatik. Kalau kota kan ada pembangunan, percepatan sehingga lebih cepat dicapai," kata Ferry di kantor presiden, Rabu (17/12/2014).   Dengan menjadikan Pulau Sebatik sebagai kota, Ferry mengatakan pulau itu nantinya akan memiliki administrasi pemerintahan sendiri. Layanan publik pun akan lebih mudah karena warga di sana tidak perlu lagi ke luar pulau.
  Ferry juga mengusulkan agar persoalan perbatasan ini ditangani oleh satu lembaga saja bisa Kementerian Pertahanan atau Kementerian Dalam Negeri. Dengan adanya satu lembaga yang berwenang, maka anggara wilayah bisa dikumpulkan ke lembaga tersebut.
"Jangan disebar. Boleh tersebar tetapi pelaksanaanya harus dari satu kebijakan. Boleh tersebar hari ini tetap jangan bikin kebijakan sendiri," ucap Ferry.

Pulau Sebatik sempat menjadi perebutan pemerintah Indonesia dan Malaysia. Pada 2005, Malaysia sempat mengklaim blok Ambalat yang kaya akan minyak. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saaat itu juga turun ke lokasi dan bertemu dengan petugas penjaga di wilayah terdepan.

Sumber : Kompas.com

Sebatik Terkait

DOB Kota Sebatik